Workshop Peningkatan Kompetensi Internal Auditor

Merupakan pendalaman materi yang lebih spesifik, lebih banyak ditekankan kepada simulasi/studi kasus dan praktik.

Workshop Peningkatan Kompetensi Internal Auditor

Merupakan pendalaman materi yang lebih spesifik, lebih banyak ditekankan kepada simulasi/studi kasus dan praktik.

Workshop

Selain pelatihan untuk pemenuhan portofolio sertifikasi, kami secara khusus merancang kegiatan workshop dengan durasi selama 2 (dua) hari dengan topik/materi yang dirancang secara spesifik, lebih fokus pada dukungan pengembangan keahlian dan kompetensi praktikal bagi peserta melalui diskusi, penyelesaian kasus/simulasi tematik, yang relevan dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing peserta.

 

Metode workshop :
  • Active – interactive learning
  • Pembelajaran dua arah yang melibatkan semua peserta dalam workshop
  • Presentasi, Diskusi interaktif, Role Model
  • Best Practice & Experiential Learning Process
  • Case Studies

 

Workshop kami bagi dalam 3 (tiga) kategori, diantaranya:

  1. Workshop Peningkatan, dan Pengembangan Kompetensi Auditor (Internal – Eksternal)
  2. Workshop Fraud Audit, Investigative & Forensic
  3. Workshop Soft Skill, Problem Solving dan Capability Bagi Auditor (Internal – Eksternal)

Detail Workshop

 

Auditing adalah proses kegiatan yang bertujuan untuk meyakinkan tingkat kesesuaian antara suatu kondisi yang menyangkut kegiatan dari suatu entitas dengan kriterianya, dilakukan oleh auditor yang kompeten dan independen dengan mendapatkan dan mengevaluasi bukti-bukti pendukungnya secara sistematis, analitis, kritis, dan selektif, guna memberikan pendapat atau simpulan dan rekomendasi kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Auditing yang dilaksanakan oleh auditor internal harus mengacu pada standar audit dan kode etik yang ditetapkan oleh Institute of Internal Auditor (IIA)-International Professional Practices Framework (IPPF). Materi yang terkait dengan pelaksanaan penugasan audit internal harus mengacu pada:

  • Paradigma baru peran internal audit (new paradigm of internal audit)
  • Pendekatan audit berbasiskan risiko (risk based audit)
  • Kemampuan memahami dasar-dasar pengendalian (basic control)
  • Kemampuan merancang pendekatan audit, penyusunan program kerja dan membuat kertas kerja audit
  • Kemampuan menyajikan pelaporan hasil audit yang berbeda dengan audit keuangan (financial audit)
  • Kemampuan memahami dasar-dasar investigasi fraud (fraud auditing)

Dasar-dasar audit merupakan landasan untuk mendapatkan pengetahuan minimum yang harus dimiliki oleh auditor internal sebelum ia terjun dan mendalami penugasan audit pada unit internal audit.

Materi Meliputi :
  • Pengertian Internal Audit, peran & tanggungjawab, tujuan dan jenis-jenis penugasan auditing
  • Tahapan & proses perencanaan audit
  • Evaluasi sistem pengendalian intern dan penyusunan program kerja audit
  • Simulasi evaluasi sistem pengendalian intern dan penyusunan program kerja audit
  • Prosedur pengujian dan penerapan teknik-teknik audit
  • Penyusunan kertas kerja audit
  • Pengujian substantif dan pengembangan temuan
  • Simulasi Pengujian substantif dan pengembangan temuan
Durasi Workshop

Workshop dilaksanakan selama 2 hari (20 Jam Pelatihan)

Biaya Investasi

Biaya Investasi Kelas Offline : Rp. 4.000.000 (empat juta rupiah)
Biaya Investasi Kelas Online : Rp. 2.000.000 (dua juta rupiah)

Untuk menjaga kualitas dan meningkatkan mutu hasil audit, salah satu tolak ukur untuk menilai kapabilitas dan kapasitas auditor ditentukan oleh kemampuannya dalam pembuatan program kerja, penerapan teknik-teknik audit dan penyusunan kertas kerja audit.

Dalam lokakarya/workshop selama dua hari ini peserta akan diberikan pemahaman bagaimana cara membuat program kerja audit dengan menggunakan pendekatan penilaian risiko (Risk Assessment) untuk membantu membangun program audit yang akan meningkatkan produktivitas auditor dan menentukan sasaran audit, titik-titik kritis pengendalian yang memerlukan pengujian secara rinci, sehingga pada saat penuangan temuan akan sejalan dengan persoalan utama yang dihadapi oleh organisasi secara riil.

Peserta yang mengikuti workshop ini akan mengeksplorasi perbedaan antara ‘Traditional Control-Based Risk Assessment’, ‘Risk-Based Approach’ dan menguji rancangan pengendalian berdasarkan pada risiko-risiko utama yang dihadapi oleh auditee secara baik.

Materi :
  • Penyusunan dan Penilaian Risiko-risiko Utama dan Pengendalian Kunci dalam Penetapan Tujuan Audit;
  • Pembuatan dan Penyusunan Program Kerja Audit Berbasis Pengendalian & Berbasis Risiko;
  • Penerapan Teknik-teknik Audit dalam Pelaksanaan Pengujian Ketaatan dan Pengujian Rinci;
  • Teknik Penyusunan dan Pembuatan Kertas Kerja Audit;
  • Pembuatan Notisi Audit dan Atribut-atribut Temuan Audit;
  • Studi Kasus
Durasi Workshop

Workshop dilaksanakan selama 2 hari (20 Jam Pelatihan)

Biaya Investasi

Biaya Investasi Kelas Offline : Rp.4.000.000 (empat juta rupiah)
Biaya Investasi Kelas Online : Rp.2.000.000 (dua juta rupiah)

Keberhasilan auditor dalam melakukan penyusunan dan melakukan proses reviu Laporan Hasil Audit merupakan pemenuhan standar pekerjaan lapangan (Field Work) yang harus dipenuhi oleh seorang auditor. Reviu atas Kertas Kerja Audit (KKA) yang baik merupakan dasar untuk menyusun Laporan Hasil Audit. Pimpinan organisasi pengawasan kurang menyadari bahwa titik kritis pertanggungjawaban kinerja auditor justru terletak pada bagian akhir proses audit, yaitu pemberkasan kertas kerja dan penulisan Laporan Hasil Audit. Kelemahan dalam Penulisan Laporan Hasil Audit justru terletak pada kesulitan-kesulitan umum dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Perumusan teknis pengungkapan hasil-hasil pengujian yang dilakukan dan merumuskan pokok-pokok pikiran yang harus mudah dimengerti dan tidak bertele-tele. Hal ini bisa dipahami karena pimpinan memiliki keterbatasan waktu untuk mengikuti seluruh proses audit secara umum.

Peserta harus membawa “bahan baku” untuk satu atau lebih pengamatan audit yang signifikan untuk mendapatkan manfaat maksimum. Latihan menulis akan digunakan secara maksimal selama program ini untuk memfasilitasi belajar.

Materi :
  • Menetapkan tujuan penulisan, memahami pembaca, dan pemetaan struktur/outline Laporan Hasil Audit.
  • Membangun dan Merumuskan Hasil Pekerjaan Lapangan.
  • Pelaksanaan Reviu dan Umpan Balik.
  • Membangun Pokok-pokok Substansi Pelaporan.
  • Mengembangkan Kolaborasi dan Pendekatan Konsultansi
  • Teknik Penulisan Secara Cermat dan Mudah Dipahami
  • Teknik Penulisan Secara Jelas dan Lugas
  • Reviu dan Pengujian Struktur Penulisan Secara Paralel
  • Diskusi dan Studi Kasus Penulisan Laporan Hasil Audit.
Durasi Workshop

Workshop dilaksanakan selama 2 hari (20 Jam Pelatihan)

Biaya Investasi

Biaya Investasi Kelas Offline : Rp.4.000.000 (empat juta rupiah)
Biaya Investasi Kelas Online : Rp.2.000.000 (dua juta rupiah)

Presentasi merupakan bagian dari komunikasi, esensi utama terkait fungsi dan peran sebagai seorang auditor. Presentasi bukan hanya sekedar menyampaikan informasi tertulis yang sudah disiapkan, namun lebih daripada itu, bagaimana cara menyampaikannya akan memberikan hasil yang berbeda dan lebih signifikan. Presentasi yang disampaikan secara tepat akan membuat auditor mendapatkan posisi yang lebih kuat di mata auditee dan manajemen

Teknik Presentasi Bagi Auditor

Kebanyakan pelatihan teknik presentasi ‘memaksakan’ peserta untuk jadi ‘seragam’ dengan template tertentu. Padahal setiap orang memiliki keragaman dalam cara berbicara. Keragaman ini justru harus diperkuat dengan teknik yang sesuai. Dengan cara demikian, presentasi akan mengalir secara lebih natural dan lebih berkesan.

Materi :
  • Pemahaman konsep dasar komunikasi audit dan penggalian portofolio individual
  • Proses komunikasi, bentuk, teknik-teknik komunikasi audit
  • Faktor-faktor penting dalam komunikasi yang efektif
  • Langkah dan metodologi membangun komunikasi, ekspresi diri, komunikasi yang efektif, empatik dan persuasif
  • Komunikasi dalam penugasan audit, peers, auditor-auditee, auditor-manajemen dan pihak ketiga lainnya
  • Praktik dan simulasi presentasi hasil audit, penyampaian temuan dan atribut-atributnya
Durasi Workshop

Workshop dilaksanakan selama 2 hari (20 Jam Pelatihan)

Biaya Investasi

Biaya Investasi Kelas Offline : Rp.4.000.000 (empat juta rupiah)
Biaya Investasi Kelas Online : Rp.2.000.000 (dua juta rupiah)

The International Organization for Standardization (ISO) 31000: 2018 Risk Management – Guidelines merupakan sebuah standar internasional yang disusun dengan tujuan memberikan prinsip dan panduan generik untuk penerapan manajemen risiko. Standar internasional yang dapat digunakan oleh segala jenis organisasi dalam menghadapi berbagai risiko yang melekat pada aktivitas mereka. Walau ISO 31000: 2018 menyediakan panduan generik, standar ini tidak ditujukan untuk menyeragamkan manajemen risiko lintas organisasi, tetapi ditujukan untuk memberikan standar pendukung penerapan manajemen risiko dalam usaha memberikan jaminan terhadap pencapaian sasaran organisasi. ISO 31000: 2018 menyediakan prinsip, kerangka kerja, dan proses manajemen risiko yang dapat digunakan sebagai arsitektur manajemen risiko dalam usaha menjamin penerapan manajemen risiko yang efektif.

Materi :
  • Konsep dan pendekatan ISO-31000 : 2018 risk management – guidelines
  • Pengertian manajemen risiko
  • Prinsip-prinsip manajemen risiko
  • Berbagai kasus kerugian dan dampak yang timbul dari kegagalan dalam penerapan manajemen risiko
  • Teknik penggunaan manajemen risiko dan ISO 31000 : 2018
  • Manfaat penggunaan ISO 31000 : 2018
  • Hambatan dan kendala dalam penerapan ISO 31000 : 2018
  • Studi kasus dan simulasi
Durasi Workshop

Workshop dilaksanakan selama 2 hari (20 Jam Pelatihan)

Biaya Investasi

Biaya Investasi Kelas Offline : Rp.4.000.000 (empat juta rupiah)
Biaya Investasi Kelas Online : Rp.2.000.000 (dua juta rupiah)

Risiko secara umum dipahami sebagai sesuatu yang berkaitan dengan kemungkinan terjadinya tindakan yang merugikan, tidak terduga dan tidak dikehendaki terjadinya. Dalam audit dan review, risiko diartikan sebagai suatu tingkat ketidakpastian tertentu yang dapat diterima oleh auditor dalam penugasan audit-nya. Selama pelaksanaan penugasan, auditor maupun QA team menyadari adanya ketidakpastian mengenai kompetensi bukti, efektivitas struktur pengendalian intern (internal control). Paradigma baru atas peran lembaga  audit baik intern maupun ekstern menuntut adanya keahlian auditor atau QA team dalam menilai risiko bisnis, sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mencegah, mendeteksi dan mencari solusi atas permasalahan risiko yang lazim dihadapi oleh organisasi/entitas/korporasi

Materi :
  • Peran & Fungsi Audit Internal dalam memberikan nilai tambah bagi entitas/organisasi/korporasi
  • Kerangka dan Mekanisme Perencanaan Audit Internal Berbasis Risiko (Macro Risk Assessment)
  • Pengujian Internal Control dan Proses Manajemen Risiko yang Terintegrasikan dengan Proses Bisnis Sebagai Prasyarat Keberhasilan Proses Governance dan Pengukuran Kinerja
  • Relevansi Paradigma Baru Audit Internal dengan Peningkatan Efektivitas Internal Control, Proses Manajemen Risiko dan Proses Good Governance
  • Langkah-Langkah Rinci Proses Audit Internal Berbasis Risiko
Durasi Workshop

Workshop dilaksanakan selama 2 hari (20 Jam Pelatihan)

Biaya Investasi

Biaya Investasi Kelas Offline : Rp.4.000.000 (empat juta rupiah)
Biaya Investasi Kelas Online : Rp.2.000.000 (dua juta rupiah)

Efektivitas penugasan audit sangat bergantung pada kemampuan teknis auditor/pemeriksa  dalam melakukan pengumpulan dan penganalisiaan data. Banyak organisasi/perusahaan memiliki banyak data tetapi sedikit sekali informasi yang dapat diperoleh auditor. Kemampuan untuk menganalisis data, menginterpretasikan serta menafsirkannya sebagai dasar pengungkapan temuan merupakan keterampilan utama yang harus dikuasai oleh auditor/pemeriksa pada semua jenjang. Dengan demikian memungkinkan bagi auditor/pemeriksa/Tim mampu untuk memberikan pernyataan yang benar, yang didasarkan atas fakta, sehingga akan membantu organisasi/perusahaan membuat keputusan yang tepat, termasuk  dalam situasi yang kompleks.  Bagi auditor/pemeriksa/Tim penguasaan atas data analitis dan penerepan metodologi audit yang tepat akan memberikan dukungan terhadap  audit trail (jejak audit) dan mengurangi risiko penugasan audit yang dilaksanakannya.

Materi :
  • Pokok-pokok analytical skills, metodologi dan teknik dalam proses analisis data
  • Identifikasi information gaps, communication creativity and critical thinking, data integrity, data cleansing – duplicates, outliers common vs. special causes, control chart, pareto analysis & indices
  • Prinsip-prinsip keahlian audit, peran, tanggungjawab auditor, risk based audit, planning & preparation, conducting an audit, effective questioning, collection and analysis of objective evidence
  • Metodologi pelaporan, identifying improvement opportunities, developing and documenting audit findings, discussing and preparing audit conclusions, using graphs and charts as appropriate presenting findings, pembuatan simpulan dan pemantauan tindak lanjut.
  • Studi kasus
Durasi Workshop

Workshop dilaksanakan selama 2 hari (20 Jam Pelatihan)

Biaya Investasi

Biaya Investasi Kelas Offline : Rp.4.000.000 (empat juta rupiah)
Biaya Investasi Kelas Online : Rp.2.000.000 (dua juta rupiah)