Workshop Soft Skill Capability Bagi Internal Auditor
Merupakan pendalaman materi yang lebih spesifik, lebih banyak ditekankan kepada simulasi/studi kasus dan praktik.
Workshop Soft Skill Capability Bagi Internal Auditor
Merupakan pendalaman materi yang lebih spesifik, lebih banyak ditekankan kepada simulasi/studi kasus dan praktik.
Workshop
Selain pelatihan untuk pemenuhan portofolio sertifikasi, kami secara khusus merancang kegiatan workshop dengan durasi selama 2 (dua) hari dengan topik/materi yang dirancang secara spesifik, lebih fokus pada dukungan pengembangan keahlian dan kompetensi praktikal bagi peserta melalui diskusi, penyelesaian kasus/simulasi tematik, yang relevan dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing peserta.
Metode workshop :
- Active – interactive learning
- Pembelajaran dua arah yang melibatkan semua peserta dalam workshop
- Presentasi, Diskusi interaktif, Role Model
- Best Practice & Experiential Learning Process
- Case Studies
Workshop kami bagi dalam 3 (tiga) kategori, diantaranya:
- Workshop Peningkatan, dan Pengembangan Kompetensi Auditor (Internal – Eksternal)
- Workshop Fraud Audit, Investigative & Forensic
- Workshop Soft Skill, Problem Solving dan Capability Bagi Auditor (Internal – Eksternal)
Detail Workshop
1. Teknik Komunikasi, Kepemimpinan, Kolaborasi dan Jejaring Kerja bagi Internal Audit
Auditing adalah proses kegiatan yang bertujuan untuk meyakinkan tingkat kesesuaian antara suatu kondisi yang menyangkut kegiatan dari suatu entitas dengan kriterianya, dilakukan oleh auditor yang kompeten dan independen dengan mendapatkan dan mengevaluasi bukti-bukti pendukungnya secara sistematis, analitis, kritis, dan selektif, guna memberikan pendapat atau simpulan dan rekomendasi kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
Auditing yang dilaksanakan oleh auditor internal harus mengacu pada standar audit dan kode etik yang ditetapkan oleh Institute of Internal Auditor (IIA)-International Professional Practices Framework (IPPF). Materi yang terkait dengan pelaksanaan penugasan audit internal harus mengacu pada:
- Paradigma baru peran internal audit (new paradigm of internal audit)
- Pendekatan audit berbasiskan risiko (risk based audit)
- Kemampuan memahami dasar-dasar pengendalian (basic control)
- Kemampuan merancang pendekatan audit, penyusunan program kerja dan membuat kertas kerja audit
- Kemampuan menyajikan pelaporan hasil audit yang berbeda dengan audit keuangan (financial audit)
- Kemampuan memahami dasar-dasar investigasi fraud (fraud auditing)
Dasar-dasar audit merupakan landasan untuk mendapatkan pengetahuan minimum yang harus dimiliki oleh auditor internal sebelum ia terjun dan mendalami penugasan audit pada unit internal audit.
Materi Meliputi :
- Pengertian Internal Audit, peran & tanggungjawab, tujuan dan jenis-jenis penugasan auditing
- Tahapan & proses perencanaan audit
- Evaluasi sistem pengendalian intern dan penyusunan program kerja audit
- Simulasi evaluasi sistem pengendalian intern dan penyusunan program kerja audit
- Prosedur pengujian dan penerapan teknik-teknik audit
- Penyusunan kertas kerja audit
- Pengujian substantif dan pengembangan temuan
- Simulasi Pengujian substantif dan pengembangan temuan
Durasi Workshop
Workshop dilaksanakan selama 2 hari (20 Jam Pelatihan)
Biaya Investasi
Biaya Investasi Kelas Offline : Rp. 4.000.000 (empat juta rupiah)
Biaya Investasi Kelas Online : Rp. 2.000.000 (dua juta rupiah)
2. Psikologi dan Teknik Komunikasi Audit
Audit merupakan kegiatan yang melibatkan berbagai pihak yaitu auditor, auditee dan pihak ketiga yang berkaitan langsung maupun tidak langsung dengan kegiatan audit, seperti rekanan, tenaga ahli, narasumber, bahkan juga kadangkala para penegak hukum. Di antara mereka akan terjalin interaksi yang tujuan akhirnya agar tugas audit dapat berakhir dengan baik, sesuai dengan norma atau kaidah yang berlaku. Keberhasilan tugas audit tidak hanya ditentukan oleh kemampuan teknis audit yang tinggi, tetapi juga ditentukan oleh kemampuan auditor dalam berinteraksi dengan mereka. Situasi interaksi yang baik, akan memudahkan dan memperlancar auditor dalam memperoleh informasi dengan cepat dan akurat.
Workshop ini akan memberi pembekalan bagi para auditor untuk memahami aspek psikologis manusia, dengan pemahaman ini seorang auditor diharapkan mampu berkomunikasi dengan cara yang tepat dengan pihak – pihak yang terkait sehingga tugas audit akan dapat diselesaikan dengan baik.
Materi :
- Menggali faktor-faktor yang mempengaruhi proses interaksi antar manusia, yaitu : sikap, motivasi, emosi, intelegensi, karakter dan hambatan serta cara mengatasinya
- Memahami karakter diri sendiri dan memahami karakter orang lain agar komunikasi berlangsung dengan sukses
- Mengenali ‘siapakah saya ?’ (test karakter)
- Tipe apakah gaya komunikasi saya ?
- Bagaimana cara beradaptasi dengan masing-masing gaya komunikasi auditee yang ternyata sangat berbeda dengan gaya saya sebagai auditor ?
Durasi Workshop
Workshop dilaksanakan selama 2 hari (20 Jam Pelatihan)
Biaya Investasi
Biaya Investasi Kelas Offline : Rp.4.000.000 (empat juta rupiah)
Biaya Investasi Kelas Online : Rp.2.000.000 (dua juta rupiah)
3. Manajemen Konflik dan Teknik Negosiasi
Auditor dalam melaksanakan pekerjaan audit akan selalu berinteraksi dengan manusia lain yang mempunyai kepentingan/ watak/ perangai/ perilaku yang berbeda beda. Perbedaan tersebut akan menjadi sumber konflik dan ketegangan yang mau tidak mau harus dipahami oleh Auditor. Ketidakpahaman menyelesaikan konflik tersebut akan menjadikan salah satu faktor terganggunya kualitas hasil audit.
Materi :
- Memahami konsep dasar tentang konflik
- Memahami tipe-tipe perilaku manusia yang berkaitan dengan potensi konflik
- Konsep dasar mengatasi konflik
- Menghindari potensi terjadinya konflik
- Memahami cara-cara melakukan negosiasi
Durasi Workshop
Workshop dilaksanakan selama 2 hari (20 Jam Pelatihan)
Biaya Investasi
Biaya Investasi Kelas Offline : Rp.4.000.000 (empat juta rupiah)
Biaya Investasi Kelas Online : Rp.2.000.000 (dua juta rupiah)
4. Teknik Pendeteksian dan Penanganan Kebohongan bagi Internal Audit
Seorang auditor memiliki peran penting dalam mendukung kelancaran aktivitas bisnis organisasi/entitasnya. Bagi profesi auditor internal dalam melaksanakan tugasnya khususnya dalam melakukan penggalian informasi melalui wawancara/permintaan keterangan diperlukan kemampuan untuk mendapatkan informasi yang akurat agar tugas audit bisa dijalankan dengan baik. Namun demikian, pada prakteknya, banyak informasi yang tidak diperoleh secara terbuka bahkan kadang-kadang terdapat informasi seringkali disembunyikan dengan berbagai motivasi dari pihak auditee, sehingga auditor kesulitan untuk mengambil kesimpulan karena adanya data/informasi yang sulit untuk diperoleh.
Kebohongan menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan dalam teknik wawancara dan interview, suatu tugas pencarian informasi yang selalu menjadi salah satu andalan dalam penggalian informasi bagi para auditor internal. Kemampuan untuk mendeteksi kebohongan serta menangani kebohongan membuktuhkan pendekatan dan metodologi secara unik dan terstruktur. Kemampuan seorang auditor dalam melakukan pendeteksian dan penanganan kebohongan tentunya akan bermanfaat bagi kelancaran kinerja auditor.
Materi :
- Fakta Mengenai Kebohongan
- Halangan Dalam Mendeteksi Kebohongan
- Tipe-Tipe Pembohong
- Jenis-Jenis Kebohongan
- Proses Tubuh Ketika Berbohong
- 4 Area Pendeteksian Berdasarkan Gestur
- Deteksi Kebohongan Berdasarkan Verbal dan Intonasi
- 7 Cara Mereka Berbohong
- Cara Menangani Kebohongan
- Clues Observasi
- Hiccups Method
- Tips
Durasi Workshop
Workshop dilaksanakan selama 2 hari (20 Jam Pelatihan)
Biaya Investasi
Biaya Investasi Kelas Offline : Rp.4.000.000 (empat juta rupiah)
Biaya Investasi Kelas Online : Rp.2.000.000 (dua juta rupiah)
5. Rekayasa Interview Bagi Auditor
Dalam melaksanakan tugas audit, proses interview merupakan proses yang selalu harus dilaksanakan untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya. Seringkali dalam tahap interview ini, Auditee enggan bekerjasama, dan tidak mudah percaya kepada para auditor, sehingga proses penggalian informasi menjadi terhambat.
Ada cara yang mudah dalam membangun kepercayaan auditee dalam waktu singkat. Cara yang akan diberikan ini sudah dibuktikan mampu meningkatkan efektifitas kinerja auditor. Workshop “REKAYASA INTERVIEW BAGI AUDITOR” merupakan hal yang menarik untuk dipelajari karena praktis dan mudah dilakukan. Penguasaan akan hal ini akan sangat membantu Auditor dalam membangun kepercayaan dari Auditee dalam waktu yang cepat. Keterbatasan waktu yang seringkali menjadi limitasi proses pelaksanaan audit di lapangan, akan lebih mudah dikelola, sesuai dengan kebutuhan fungsi kerja audit.
Materi :
- Faktor-faktor Penting dalam Interview
- Poin-point Referensi dalam Interview: Place and Position, Impression, Key Handler
- Tahapan Rekayasa Interview: Basic Steps, Dancing Steps, Choreographing
- Simulasi dan Evaluasi
Durasi Workshop
Workshop dilaksanakan selama 2 hari (20 Jam Pelatihan)
Biaya Investasi
Biaya Investasi Kelas Offline : Rp.4.000.000 (empat juta rupiah)
Biaya Investasi Kelas Online : Rp.2.000.000 (dua juta rupiah)